Beritainvestigasinews.id, Surabaya – Sesuai arahan Dirlantas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Iwan Saktiadi, S.I.K., M.H., M.Si., Polisi Lalu Lintas merupakan fungsi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat diharapkan, dengan adanya program polantas menyapa masyarakat dapat merasakan dan lebih dekat dengan kehadiran polisi lalu lintas khususnya anggota yang bertugas di Kantor Samsat.
Dirlantas Polda Jawa Timur terus melakukan inovasi dalam bidang layanan publik. Berbagai inovasi dan terobosan itu adalah upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di wilayah jawa timur. Kali ini Pelayanan publik di Kantor Samsat Surabaya Timur terus menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
Hari ini 25 Oktober 2025, Samsat Surabaya Tinur tepatnya di Jalan Manyar Kecamatan Gunung, Kota Surabaya, hari ini Polantas menyapa masyarakat dengan ramah, membantu para wajib pajak yang hendak mengurus administrasi kendaraan bermotor, mulai dari perpanjangan pajak lima tahunan, ganti pelat nomor, hingga mutasi.
Pantauan awak Media tampak terlihat petugas Polantas Surabaya Timur yang sedang melayani seorang pemohon dan difabel tampak aktif menyapa dan memberikan arahan kepada wajib pajak yang datang. Dengan senyum dan tutur kata ramah, ia memastikan setiap masyarakat memahami prosedur dan kelengkapan berkas yang harus disiapkan.
Untuk proses balik nama maupun mutasi keluar, wajib pajak harus menyiapkan fotokopi BPKB, STNK, dan KTP pemilik baru atau pemilik lama. Selain itu, perlu juga membeli kwitansi bermaterai Rp10.000 yang sudah ditulis terlebih dahulu. Kendaraan, baik mobil maupun motor, wajib dicek fisik sebelum berkas diproses.
Sementara itu, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Pamin) Samsat Surabaya Timur IPDA Herdian mengatakan, pelayanan publik di Samsat Surabaya Timur kini terus ditingkatkan dengan menekankan tiga nilai utama: profesional, humanis, dan akuntabel.
“Dengan sikap ramah dan humanis kepada masyarakat, terutama kepada wajib pajak lansia, menjadi wajah baru pelayanan Polantas di era digitalisasi administrasi pajak kendaraan bermotor,”ujar IPDA Herdian, Sabtu (25/10/2025).
Lebih lanjut, ia juga meyampaikan melalui kegiatan Polantas Menyapa, saya berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya taat membayar pajak kendaraan bermotor. Dengan semangat prima pelayanan, KB Samsat Surabaya Timur, berkomitmen menghadirkan pelayanan cepat, tepat, dan penuh empati serta membangun kepercayaan masyarakat.
“Sedangkan untuk membayar pajak kendaraan kini bukan lagi hal yang rumit, melainkan wujud kedisiplinan dan kepedulian bersama,"ucapnya.
IDA Herdian menambahkan, pelayanan yang sistematis dan ramah dari jajaran petugas Samsat Surabaya Timur, ini mendapat apresiasi dari masyarakat yang merasa terbantu dengan kejelasan informasi dan kemudahan proses administrasi.
“Kami terus meningkatkan kualitas pelayanan, Samsat Surabaya Timur berharap kesadaran masyarakat untuk taat pajak kendaraan bermotor semakin tinggi,”pungkasnya.
(Red)
Editor : Nugik Ramadhan