Beritainvestigasinews.id, Surabaya - Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat, melalui Pelayanan Samsat Surabaya Utara, Kota Surabaya, terus mengedepankan budaya pelayanan prima dengan menerapkan prinsip 5S Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun.
Pelayanan ini merupakan bagian dari program unggulan “Polantas Menyapa”, yang menegaskan komitmen Polri dalam menghadirkan pelayanan yang cepat, profesional, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat. Setiap petugas di lingkungan Samsat Surabaya Utara, dituntut tidak hanya sigap dalam tugas administrasi, tetapi juga ramah dalam memberikan layanan kepada wajib pajak.
Baca Juga: Samsat Surabaya Barat Terus Lakukan Pelayanan yang Humanis, Melalui Program "Polantas Menyapa"
Pelayanan Samsat Surabaya Utara, meliputi pengurusan pembayaran pajak kendaraan bermotor, perpanjangan STNK, pengesahan, serta penerbitan BPKB. Semua proses dilakukan secara transparan dan mudah dipahami, sehingga masyarakat dapat menyelesaikan kewajibannya dengan cepat dan nyaman.
“Melalui Polantas Menyapa, kami ingin menghadirkan pelayanan yang tidak hanya cepat dan tepat, tetapi juga menyentuh hati masyarakat. Prinsip 5S kami terapkan agar setiap warga yang datang merasa dihargai, dilayani, dan dipermudah dalam proses administrasinya,” ujar IPTU Eko selalu Pamin Samsat Utara, Rabu (29/10/2025).
IPTU Eko menegaskan, bahwa pelayanan dengan etika dan keramahan menjadi bagian penting dari reformasi birokrasi di bidang lalu lintas. Budaya 5S bukan hanya sekadar slogan, tetapi diterapkan secara nyata dalam setiap interaksi antara petugas dan masyarakat di kantor Samsat.
“Pelayanan publik tidak hanya soal administrasi, tetapi juga tentang sikap dan empati. Dengan 5S, kami ingin memastikan masyarakat merasa nyaman dan percaya terhadap pelayanan yang diberikan,” tambahnya.
Baca Juga: Samsat Surabaya Utara, Program Polantas Menyapa Hadir Melayani Masyarakat dengan Humanis
Masyarakat yang datang ke Samsat Utara tampak antusias dan memberikan respons positif terhadap penerapan pelayanan humanis tersebut. Suasana kantor yang tertib, ramah, dan teratur menjadi bukti nyata perubahan pelayanan kepolisian yang semakin dekat dengan masyarakat.
"Seluruh kegiatan pelayanan berlangsung aman, lancar, dan tertib, mencerminkan sinergi antara Polri dalam memberikan kemudahan bagi wajib pajak,"pungkasnya.
(Rohman)
Editor : Nugik Ramadhan